Label

ADRT (1) INSPIRASI (1) Kegiatan PMK (3) MPO (1) Puisi (1) Sejarah PMK (1) TIPS TRIK (1) TOKO (1)

Kamis, 28 Februari 2013

THE FINAL DECISIONS : RAPAT ANGGOTA



"hendaklah kamu sehati sepikir dalam satu hati satu tujuan" 
Filipi 2:2b

Tanggal 1 Maret 2013 akan menjadi hari yang bersejarah bagi segenap anggota PMK UNM, khususnya pengurus PMK UNM tahun 2012. Dalam ajang tahunan PMK UNM ini kinerja kepengurusan PMK UNM akan dievaluasi dan dipertanggungjawabkan di hadapan anggota. Rapat Anggota juga menjadi ajang silaturahmi antara senior dan junior di kalangan anggota PMK UNM dan biasanya di momen Rapat Anggota inilah para senior akan menjadi momok bagi para junior. Entah mengapa tapi itulah yang terjadi.

Banyak hal unik yang terjadi selam proses Rapat Anggota berlangsung, selain perdebatan alot dan panjang, rapat ini juga sering diwarnai aksi saling lempar karena banyak dari peserta rapat yang tersulut emosinya. Ada yang mengatakan bahwa hal tersebut wajar saja terjadi dalam sebuah rapat anggota, yang penting tidak ada tendensi kekerasan fisik.

Selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta rapat adalah pada sesi Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pengurus PMK UNM. Peserta akan betul-betul teliti pada setiap redaksi kata yang tertulis dalam laporan tersebut. Pada sesi ini Pengurus akan mempertanggungjawabkan semua program kerja yang telah dilaksanakan. Banyak yang mengatakan pada bagian ini para pengurus akan menjadi sasaran empuk dan bulan-bulanan para peserta rapat. Terkesan ada suatu aksi kesengajaan tetapi itulah proses yang terjadi dalam Rapat Anggota.

Dalam rapat tahunan ini akan dirembukkan berbagai permasalahan yang muncul selama satu tahun kepengurusan akan dibahas tuntas dan akan diambil suatu keputusan akhir. Di sinilah fungsi Rapat Anggota sebagai forum untuk mengambil keputusan tertinggi dalam struktur organisasi PMK UNM. Selain itu, akan dibahas pula beberapa rekomendasi untuk kepengurusan selanjutnya. Untuk merampungkan rekomendasi-rekomendasi tersebut, peserta rapat akan dibagi ke dalam tiga komisi. Masing-masing komisi akan menggelar rapat komisi dan hasil dari rapat tersebut akan diplenokan. Rapat pleno akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus terpilih selanjutnya.

Di penghujung Rapat Anggota akan dilaksanakan pemilihan Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta Ketua-ketua Bidang untuk kepengurusan satu tahun ke depan. Pemilihan ini dilaksanakan secara demokratis dengan cara voting. Peserta Rapat Anggota akan mengajukan calon pengurus yang dianggap memiliki kapasitas, integritas, dan kecakapan untuk menjalankan roda kepengurusan PMK UNM.

Proses Rapat Anggota akan menguras banyak tenaga, waktu, dan pikiran. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan yang matang dari seluruh anggota baik yang sebagai tim kerja, pengurus, maupun kita yang akan menjadi peserta rapat. Diharapkan Rapat Anggota kali ini berjalan efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat mendukung kualitas pelayanan PMK UNM

1 komentar: