Label

ADRT (1) INSPIRASI (1) Kegiatan PMK (3) MPO (1) Puisi (1) Sejarah PMK (1) TIPS TRIK (1) TOKO (1)

Senin, 08 Oktober 2012

10 GEREJA TERINDAH DI INDONESIA


10 GEREJA TERINDAH DI INDONESIA

1. Katedral Jakarta
 

Nama resminya cukup panjang yaitu, “Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga”. bahasa Belandanya, “De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming”. Gereja ini dibangun pada tahun 1810 dengan ciri arsitektur neo-gotik.. Gotik sebenarnya adalah suatu gaya arsitektur abad pertengahan yg berasal dr Eropa. Gereja katedral yang kita kenal saat ini sebenarnya hasil renovasi, sebab gereja ini sempat mengalami dua kali musibah, yaitu terbakar pada tahun 1826 dan sempat roboh pada tahun 1890. Belum lagi pada tahun 2000, gereja ini menjadi target serangan bom Natal.

Di Jakarta memang terdapat banyak gereja tua. Maklum lah, Batavia kan dulu ibu kota Hindia Belanda, jadi banyak bangsa Belanda bermukim di sini. Selain Katedral, ada juga gereja Imanuel bergaya arsitektur klasik. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1839.

2. Katedral Bogor


Tidak  jauh dari Jakarta, alias di Bogor (Buitenzorg nama Belandanya dulu), terdapat Katedral Bogor. Gereja yang nama resminya adalah Katedral Santa Perawan Maria ini dibangun pada tahun 1896.



3. Katedral Bandung


Tidak jauh lagi dari Bogor, yaitu di Bandung, kita akan menemukan Katedral Santo Petrus. Gereja ini dibangun pada tahun 1921 dengan gaya arsitektur neo-gotik.

4. Gereja Blenduk, Semarang
 

Nama resminya adalah gereja GPIB Imanuel. Gereja ini mendapatkan namanya dari kubah besarnya yang bulat (atau “mblendhuk” dalam bahasa Jawa). Gereja ini Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dan dibangun pada 1753. Desainnya berbentuk heksagonal (bersegi delapan) dan memiliki dua menara yang baru ditambahkan pada tahun 1894. Seperti inilah bagian interiornya. Gereja ini menjadi salah satu ikon kota semarang.
Gereja ini terdapat di kawasan kota tua Semarang yang disesaki dengan bangunan-bangunan tua yang artistik. Di daerah Kota Lama (tak jauh dr Stasiun Tawang) juga terdapat Gereja Katolik Santo Yusuf atau sering disebut dengan gereja Gedangan yang diresmikan pada tahun 1875.



5. Gereja Mojowarno, Jombang
 


Di kecamatan Mojowarno, Jombang berdiri salah satu gereja protestan tertua di Indonesia, yaitu GKJW Mojowarno yang berdiri pada tahun 1881. Daerah Mojowarno juga memiliki populasi umat Kristen terbanyak di Jombang.

6. Gereja Kepanjen, Surabaya


Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen didirikan pada tahun 1815 di Surabaya. Gereja ini nampak berbeda karena eksterior dinding batu bata merahnya. Gereja ini kl anak muda skrg blg, gotik beut.
Dan ini kaca patrinya yang indah terlihat dari dalam gereja.

7. Gereja Kayu Tangan, Malang
 

Gereja Kayu Tangan terletak di tengah sejuknya kota Malang dan dibangun pada tahun 1906, sedangkan kedua menaranya baru ditambahkan pada tahun 1930.
Selain gereja Kayu Tangan, masih ada lagi gereja berarsitektur neo-gotik lainnya di Malang, yaitu GPIB Imanuel yang didirikan pada tahun 1861. uniknya, gereja ini sangat berdekatan letaknya dengan Masjid Jami, sehingga pelaksanaan sholat ied pun dilakukan di dekat gereja ini. Wah, kerukunan antarumat beragama di Malang benar2 patut diacungi jempol!

8. Gereja Maria Annai Valengkani, Medan
 

Sekilas dilihat, bangunan ini memang nampak seperti kuil Hindu, namun sesungguhnya ini adalah gereja. Tak heran, sebab pendirinya adalah seorang pastur dari India bernama James Barathaputra S.J. Gereja ini tergolong baru karena diresmikan pada tahun 2001. Kata “Annai” pada nama gereja ini berarti “bunda”, sedangkan Valengkani adalah nama sebuah desa di India.

9. Katedral Larantuka, Flores
 

Wilayah Larantuka memang dikenal memiliki populasi umat Katolik yang cukup besar seperti tetangganya, Timor Leste. Nama resmi gereja ini adalah Katedral Reinha Rosari. Pada saat pertama diresmikan pada tahun 1862, gereja ini hanya berdindingkan anyaman bambu dan atap dari rumput ilalang. Well, seperti yang sudah bisa kita duga, bangunan ini akhirnya habis dilalap si jago merah, tepatnya pada tahun 1901. Bangunan gereja yang berdinding batu bata seperti sekarang baru selesai pada tahun 1909.
Di Flores terdapat pula gereja Sikka yang cantik ini. Gereja ini dibangun pada tahun 1899 dengan dinding yang dilukis dengan motif tenun ikat khas Flores.

10. Katedral Manado
 

Gereja ini disebut-sebut sebagai gereja termegah di Indonesia Timur. Gereja dengan nama resmi Katedral Hati Tersuci Maria ini memang masih baru diresmikan tahun 2010 lalu untuk menggantikan katedral lama yang bangunannya dinilai sudah lapuk dan tidak memadai kebutuhan umat lagi. Gereja ini memiliki ciri arsitektur eklektik alias campuran dari 3 gaya arsitektur, yaitu Byzantium, Romanesque, dan Gotik. Ciri khasnya tentu saja kubah yang meniru gereja-gereja di Roma. Pembangunannya dimulai sejak tahun 2003 dan memakan biaya hingga 8 miliar.


0 komentar:

Posting Komentar